LATAR BELAKANG

 SAMBUTAN BUPATI GROBOGAN

Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamu’alaikum Wr. Wb.,

Sebelumnya, marilah  terlebih dahulu kita  senantiasa memanjatkan puji syukur kapada Allah SWT atas nikmat dan karunia yang diberikan kepada kita semua.

Para pengunjung website yang berbahagia,

Seperti diketahui, Kabupaten Grobogan selama ini sudah dikenal sebagai salah satu daerah penyangga pangan di tingkat Jawa Tengah maupun nasional. Hal ini tidak lepas dari tingginya hasil produksi beberapa komoditas pertanian yang dihasilkan petani. Terutama, padi, jagung, dan kedelai (Pajale).

Terkait dengan kondisi itu, maka salah satu program yang saya prioritaskan bagi Kabupaten Grobogan adalah pada sektor pertanian karena mayoritas masyarakat bergelut dalam bidang ini. Berbagai upaya yang dilakukan dari dinas terkait untuk mengembangkan dan memajukan sektor pertanian pasti saya dukung penuh. Salah satunya adalah upaya pendirian Rumah Kedelai Grobogan (RKG) yang dilakukan Dinas Pertanian Grobogan.

Saya mengapresiasi keberadaan RKG karena hal ini merupakan sebuah inovasi baru yang barangkali belum banyak dilakukan daerah lain. Bahkan, Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo juga memberikan apresiasi khusus dan bahkan beliau bersedia meresmikan keberadaan RKG yang dilangsungkan beberapa waktu lalu. Saya berharap, keberadaan RKG ini nantinya akan jadi ikon baru bagi Kabupaten Grobogan.

Para pengunjung website yang berbahagia,

Perlu diketahui, RKG ini bukan sekedar tempat yang dipakai untuk menampung hasil panen kedelai saja. Tetapi, RKG merupakan sebuah tempat yang cukup lengkap untuk sarana belajar sektor pertanian kedelai. Mulai dari penyediaan benih, persiapan lahan, penanaman, perawatan, pananganan hasil panen, pengolahan aneka produk makanan/minuman dari bahan kedelai, dan pemasarannya.

Sejauh ini, keberadaan RKG sudah mendapa respon positif dari berbagai pihak. Tidak hanya dari masyarakat Grobogan saja, tetapi banyak juga pengunjung dari luar daerah yang sudah berkunjung ke RKG. Baik perorangan, maupun rombongan dari instansi pemerintahan.

Hal ini tentu sangat membanggakan karena dengan kondisi ini maka keberadaan RKG ini memang bisa membawa manfaat. Khususnya, bagi mereka yang ingin belajar mengenai pertanian kedelai dari hulu hingga hilir.

Saya berharap, kondisi itu jangan sampai membuat pengelola RKG merasa puas. Justru sebaliknya, dengan makin banyaknya pengunjung harus menjadikan pengelola RKG makin bersemangat dan terus berupaya menciptakan kreasi dan inovasi baru.

Sekian, terima kasih.

 Bupati Grobogan

Hj. Sri Sumarni, SH.MM

LATAR BELAKANG

Membanjirnya kedelai impor untuk memenuhi kebutuhan kedelai dalam negeri mulai mengkhawatirkan mengingat dampak negatifnya bagi petani kedelai lokal maupun konsumen produk olahan kedelai. Maka dri itu Pemerintah Kabupaten Grobogan sebagai salah satu penghasil terbesar kedelai lokal dengan “ KEDELAI VARIETAS GROBOGAN” berusaha mengembangkan ide untuk meningkatkan nilai tambah dari kedelai lokal unggulan nasional ini.

Kedelai merupakan komoditas Prioritas Nasional yang dari waktu ke waktu Stagnan Perkembangann. Ada persoalan pada sitem Agribisnis kedelai yaitu sistem Produksi, Industri Hulu, Industri Hilir dan Konsumen. Maka dari itu harus dilakukan upaya untuk memanfaatkan keunggulan komparatif “ KEDELAI  VARIETAS GROBOGAN “ agar lebih kompetitif dan sekaligus dapat menjadi pengungkit Produksi Kedelai Nasional. Maka dibangunlah RUMAH KEDELAI GROBOGAN sebagai Sentra Informasi Teknologi Pengolahan dan Pelatihan KEDELAI VARIETAS GROBOGAN.

RUMAH KEDELAI GROBOGAN akan mengembangkan komoditas kedelai Varietas Grobogan ini secara menyeluruh dari Hulu ke Hilir. Sehingga dengan pengembangan ini diharapkan Kedelai Varietas Grobogan bias menjadi produk unggulan ikon Kabupaten Grobogan yang akan menjadi “ Raja di Negerinya Sendiri “.