News

BUPATI GROBOGAN SERAHKAN PENGANUGERAHAN RUMAH KEDELAI AWARD

(ki-ka : Gubernur Jateng Ganjar Pranowo,Ditjen Tanaman Pangan Sumarjdo Gatot Irianto,Bupati Grobogan Sri Sumarni,Adi BMF selaku wakil dari Tjandra Mukti (Alm),Ketua KTNA JAteng Agus Eko Cahyono selaku wakil dari Munif Ghulamahdi,dan Titis Adisarwanto)
Pemerintah Kabupaten Grobogan menganugerahkan penghargaan “ RUMAH KEDELAI AWARD ” Kepada Ganjar Pranowo, SH, M.IP, DR .Ir. Sumardjo Gatot Irianto, MS, DDA, Drs. Tjandra Mukti (Alm), Prof. Dr. Ir. Munif Ghulamahdi, MS , Prof. Dr. Atis Adisarwanto dan Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman, MP. Penghargaan diserahkan langsung oleh Bupati Grobogan Hj.Sri Sumarni, SH, MM dalam acara Pembukaan Expo Grobogan Ekonomi Kreatif 2017 di Aun-alun Purwodadi Grobogan ( 30/12/2017).
Bupati Grobogan mengatakan penghargaan ini diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Grobogan Kepada Perorangan, Pejabat atau Petani, Peneliti, Tokoh Masyarakat dan Pelaku Usaha atas jasa-jasanya _mengembangkan kedelai lokal_ di Indonesia.
“ Saya atas nama Pemkab Grobogan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Penerima Rumah Kedelai Award atas jasa-jasanya. Saya berharap Kedelai Lokal bisa bersaing hingga pasar internasional” pungkas Bupati.
Berikut ini adalah  Profil singkat Penerima Penghargaan “ RUMAH KEDELAI AWARD “, yaitu =
1.Ganjar Pranowo, Gubernur yang konsisten mendukung pengembangan kedelai lokal dan aktif mempromosikannya agar bias bersaing menghadapi dominasi kedelai impor di Indonesia.
2.Sumardjo Gatot Irianto, Direktur Jenderal Tanaman Pangan yang mencetuskan ide branding kedelai lokal dan pengelolaan tata niaga kedelai hulu-hilir untuk mewujudkan swasembada kedelai di Indonesia.
3.Tjandra Mukti (Alm), tokoh yang menjadi inisiator ditemukannya Kedelai Varietas Grobogan melalui seleksi populasi yang akhirnya ditetapkan menjadi kedelai unggul nasional tahun 2008.
4.Titis Adisarwanto, peneliti kedelai tropika yang melakukan pemuliaan kedelai lokal menjadi  kedelai unggul nasional dengan nama Kedelai Varietas Grobogan.
5.Munif Ghulamahdi, Guru Besar Institut Pertanian Bogor penemu teknologi kedelai jenih air untuk mendukung swasembada kedelai nasional.
6.Andi Amran Sulaiman, Menteri Pertanian yang meningkatkan produksi padi, jagung dan berhasil mengelola importasinya serta menggagas pencapaian target swasembada kedelai di tahun 2018 melalui Upsus Pajale.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan,  Ir. Edhie Sudaryanto, MM., dalam kesempatan lain menjelaskan bahwa Penganugerahan Rumah Kedelai Award ini diharapkan dapat mempercepat proses edukasi publik dan mendorong kecintaan masyarakat terdadap kedelai lokal di Indonesia.
Edhie menambahkan,  Penganugerahan Rumah Kedelai Award oleh Pemerintah Kabupaten Grobogan ini memiliki beberapa tujuan penting dalam membranding kedelai lokal. Tujuan pertama, mempercepat tercapainya tujuan edukasi publi terhadap kedelai lokal. Kedua, mendorong kecintaan masyarakat untuk mengkonsumsi kedelai lokal. Ketiga, mendorong terwujudnya kemandirian pangan nasional dan rasa cinta Tanah Air. Tujuan yang terakhir yaitu untuk mendorong terbentuknya Rumah Kedelai di Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia (bonie).
RKG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *