News

Kunjungan Istimewa Dirjen Tanaman Pangan ke RKG

Kunjungan Istimewa Dirjen Tanaman Pangan ke RKG

Di pagi yang cerah dan udara sejuk menyelimuti Kabupaten Grobogan Grobogan. Bertempat di Soybean Resto Rumah Kedelai Grobogan ( RKG )  Hari Jumat (6/10/2017) kedatangan tamu istimewa, yaitu Dirjen Tanaman Pangan kementan Dr. Ir. Sumarjo Gatot Irianto, MS,DAA. dan Direktur Akabi TP Ir. Rita Mezhu,MM beserta jajarannya. Didampingi Kadispertan Kabupaten Grobogan Ir. Edhie Sudaryanto, MM., rombongan menikmati sarapan pagi  dengan menu makanan dan minuman berbahan baku kedelai lokal sebelum rombongan membuka acara Pencanangan Gerakan Tanam Kedelai APBN-P 2017 di desa Kalangbancar Kecamatan Geyer.

Dirjen Tanaman Pangan Sumarjo Gatot Irianto sangat menikmati asri dan sejuknya suasana di Soybean Resto.
“Bagus RKG, tahunya lebih enak dibanding tahu Sumedang atau tahu Jakarta. Tolong saya digorengkan lagi untuk teman perjalanan di mobil,” Gatot memberikan apresiasinya terhadap RKG dan hidangan yang disajikan.

Gatot juga meminta Kadinas agar jangan setengah-setengah dalam mengembangkan kedelai di Grobogan. Gatot berharap tahun 2018 Grobogan bisa menambah area taman kedelainya menjadi 100.000ha, sehingga ketika berbicara tentang sentra kedelai nasional ya Grobogan tempatnya.

“Saya berharap agar Pemerintah Daerah lebih proaktif dan mengambil peran yang lebih dalam menggerakan seluruh potensi yang dimiliki ” pungkas Gatot.

Kadispertan Edhie  Sudaryanto mengatakan sangat Berterima kasih atas kedatangan Dirjen Tanaman Pangan ke Rumah kedelai Grobogan dan memberikan apresiasi sebesar besarnya atas kepedulian Pak Dirjen untuk memberikan bantuan untuk Petani  Grobogan dan menjadikan Grobogan menjadi lebih hebat terutama Tanaman Kedelainya.

Salah satu upaya  pemerintah Kabupaten Grobogan dalam mewujudkan Kabupaten Grobogan sebagai Kota Kedelai telah mendirikan Rumah Kedelai Grobogan (RKG) yang memiliki visi “Membangun Agribisnis Kedelai yang Bermartabat”.
Juga menjadikan RKG sebagai sentra pembelajaran tentang kedelai lokal dari on farm hingga off farmnya, yaitu dengan membentuk unit- unit : Learning Center, Seed Center, Rumah Tempedan RumahTahu, Ruang Kemas, Lahan percontohan, Promotion Center serta Resto.

“Saya berharap melalui Pak Dirjen, Pemerintah Pusat dapat memberikan garansi HPP untuk komoditas Kedelai  agar petani semangat menanam kedelai” kata  Edhie. ( bonie)

RKG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *