Uncategorized

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Resmikan Rumah Kedelai Grobogan

 

Keberadaan Rumah Kedelai Grobogan (RKG) diresmikan penggunaannya oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sabtu (25/3/2017). Peresmian RKG ditandai dengan pemukulan kentongan bambu dan penandatanganan prasasti yang dilakukan gubernur didampingi Bupati Grobogan Sri Sumarni.
Selain meresmikan RKG, ada tiga agenda lainnya yang dilakukan gubernur dalam waktu bersamaan. Yakni, membuka Agro Ekspo, Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Jawa Tengah, dan Jambore Penyuluh Pertanian se-Jawa Tengah.
Semua acara seremonial tersebut dilangsungkan di halaman kantor Dinas Pertanian Grobogan. Dalam kesempatan itu, hadir pula sejumlah bupati dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Usai acara seremonial, gubernur didampingi bupati menyempatkan waktu untuk mengunjungi lokasi RKG yang berada di Desa Krangganharjo, Kecamatan Toroh.
“Saya mengapresiasi pendirian Rumah Kedelai Grobogan. Disini, kita bisa belajar banyak hal seputar kedelai. Ini bagus sekali. Keberadaan RKG harus cepat disebarluaskan sehingga diketahui banyak orang,” kata gubernur.
Menurut gubernur, RKG dinilai bukan sekedar tempat yang dipakai untuk menampung hasil panen kedelai saja. Tetapi, menjadi tempat yang lengkap untuk sarana belajar mulai hilir hingga hulu dari sektor pertanian kedelai.
Selain ada produksi tempe dan tahu higienis, ditempat itu juga tersedia benih kedelai berkualitas. Yakni, kedelai lokal varietas Grobogan.
Kemudian, ada pula sarana pembelajaran bagi petani dan UKM. Soalnya, ada lokasi tanam kedelai, penjemuran, hingga pengolahan beragam aneka bahan pangan dari bahan kedelai.
“Beragam makanan dari hasil olahan kedelai rasanya tidak kalah dengan produk sejenis yang sudah ada. Kalau dikelola profesional, RKG ini akan maju pesat,” tegasnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *